Laporan Penelitian Hubungan Sikap Belajar dan Strategi Mengajar Dosen dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Mitra RIA Husada

Martha, Dina, Fitri and Herawati, Yulia Laporan Penelitian Hubungan Sikap Belajar dan Strategi Mengajar Dosen dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Mitra RIA Husada. Hubungan Sikap Belajar dan Strategi Mengajar Dosen dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Mitra RIA Husada.

[img] Text
Laporan Penelitian 2021 pdf (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) yang mengalami penurunan kualitas diperlukan adanya perkembangan tingkat pendidikan yang nantinya diharapkan pengetahuan masyarakat juga meningkat sehingga tercapai sumber daya manusia (SDM) yang handal. Dengan adanya sumber daya manusia (SDM) yang handal, maka diharapkan juga kualitas masyarakat semakin meningkat dan pemerataan kesejahteraan dapat tercapai. Hal ini tentu berdampak positif bagi tercapainya kesejahteraan setiap penduduk yang merupakan cita-cita dari pembangunan nasional khususnya bidang pendidikan. Salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah rendahnya prestasi anak didik. Human development report (IPM) yang merupakan publikasi dari United Nations Development Programme (UNDP) dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia tergolong relatif rendah. IPM Indonesia rendah berdasarkan riset UNDP, meningkat dari 0,613 pada tahun 2010 menjadi 0,617 pada tahun 2012. UNDP menempatkan Human Development Index (HDI) Indonesia di peringkat 124 dari 187 negara di dunia. Peningkatan ini menunjukkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia lebih rendah dan peringkat Indonesia tersebut berada di bawah Vietnam. Berdasarkan Survey The Political And Economic Risk Consultancy (PERC) yang berbasis di Hongkong disimpulkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia berada urutan ke 12 di Asia. Hasil survey yang berdasarkan kualitas tenaga kerja tersebut menunjukkan bahwa rendahnya kualitas tenaga kerja kita itu berhubungan dengan rendahnya kualitas sistem pendidikan sehingga dengan dibandingkan negara-negara lain Indonesia masih tertinggal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan sikap belajar dan strategi mengajar dosen dengan indeks prestasi mahasiswa pada mahasiswa Prodi STR Kebidanan di STIKes Mitra RIA Husada. Desain penelitian ini menggunakan penelitian cross sectional dimana peneliti melakukan pengukuran atau pengamatan pada saat bersamaan (sekali waktu) antara faktor resiko dengan faktor efek. Hasil penelitian terdapatnya hubungan antara sikap belajar dengan Indeks prestasi mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Mitra RIA Husada dan terdapatnya hubungan antara strategi mengajar dosen dengan Indeks prestasi mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Mitra RIA Husada. Kata Kunci : Indeks Prestasi, Strategi Mengajar, Sikap Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: m may sofy
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:29
Last Modified: 31 Aug 2021 01:29
URI: http://repo.mrhj.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item