Konsep Abad Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy'ari

Khodijah, Siti Konsep Abad Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy'ari. Kosep Adab Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy'ari.

[img] Text
Peer Review Jurnal New.pdf

Download (98kB)
[img] Text
76-Article Text-299-1-10-20210415 (1).pdf

Download (739kB)

Abstract

Akal pikiran merupakan elemen abstrak dalam diri manusia yang menyebabkan terbedakannya manusia dengan makhluk yang lainnya. Sebab, akal pikiran membawa manusia kepada pengetahuan tentang nilai baik dan buruk serta pengetahuan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengkaji secara kritis konsep adab pemikiran Islam KH. Hasyim Asy’ari tentang adab pendidikan Islam yang tertuang dalam karyanya yang berjudul kitab adab Al-Alim wa Al-Muta‟alim, serta mengkomparasikannya dengan pemikiran-pemikiran para tokoh yang lainnya, seperti dari kitab Ta‟lim Al-Muta‟alim Thariq Al-Ta‟allum karya Imam Al-Zarnuzy. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, dengan demikian maka penelitian ini tidak mengadakan perhitungan. Hasil penelitian ini menyimpulkan menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan Islam terdapat beberapa adab yang perlu dilalui baik oleh guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan Islam terdapat beberapa adab yang perlu dilalui baik oleh guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dan KH. Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa setiap guru dan siswa diharapkan dapat merefleksikan adab pendidikan Islam dalam kehidupan mereka, yaitu ketika dan setelah melakukan proses pendidikan. Adab tersebut sangat memengaruhi keberhasilan proses pembelajaran bagi guru dan siswa. Lebih lanjut KH. Hasyim Asy’ari mengarahkan guru dan siswa tidak hanya pada keberhasilan proses transformasi ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga keberhasilan dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan yang telah tertransformasikan tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka implikasi hasil penelitian ini adalah menerapkan adab pendidikan Islam dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: May Sofi Sofi
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:47
Last Modified: 15 Dec 2021 02:47
URI: http://repo.mrhj.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item